ENTJ – Pemimpin Alami

Tadi pagi saya dan Jeng Ririn berencana mau ke Bong Kopitown, restoran penjara punyanya Bong Chandra yang baru aja launching April kemaren. Kita nyampe Bong Kopitown sekitar jam setengah 10 pagi. Dan ternyata restonya belum buka (bukanya jam 10 pagi). Daripada bengong kami ke JEC dulu karena disana ada pameran rumah dan pameran kuliner.

Pas jalan di pameran kuliner kita lewat di sebuah stand psikologi yang menawarkan permainan test kepribadian dengan metode MBTI (Myer Briggs Type Indicator). Yang nge-test namanya Pak Hisyam, dari JASPI (Jasa Psikologi Indonesia) Solo. Kami diberi soal yang berjumlah 44 buah. Soalnya yah nggak jauh-jauh dari kepribadian kita (lha iya namanya juga test kepribadian :D ). Saya mengerjakan soal tersebut dengan cepat. Begitupun Ririn. Tak berapa lama kami sudah mengumpulkan lembar jawaban dan……langsung discoring sama Pak Hisyam. Saya dapat giliran pertama untuk dianalisa.

Hasilnya Tipe kepribadian saya adalaah…….: ENTJ (Pemimpin Alami)

ENTJ

ENTJ singkatan dari Extraverted Intuitive Thinking Judging. Kekuatan dan kelemahan tipe ini bisa dilihat tuh di gambar foto di atas. Tapi okelah saya tulis lagi.

Kekuatan:

  • Tegas, asertif, to the point, jujur terus terang, obyektif, kritis, & punya standard tinggi.
  • Dominan, kuat kemauannya, perfeksionis dan kompetitif.
  • Tangguh, disiplin, dan sangat menghargai komitmen.
  • Cenderung menutupi perasaan dan menyembunyikan kelemahan.
  • Berkarisma, komunikasi baik, mampu menggerakkan orang.
  • Berbakat pemimpin.

Kelemahan:

  • Kurang kesabaran terhadap situasi yang tidak efisien
  • Dingin dengan perasaan orang lain
  • Tegas dengan aturan dan mengabaikan sisi manusiawi
  • Terlalu percaya diri, fokus pada dirinya sendiri
  • Tampak arogan dengan pengetahuannya

Saran Pengembangan:

  • Belajarlah untuk relaks. Tidak perlu perfeksionis dan selalu kompetitif dengan semua orang.
  • Disarankan memiliki orang-orang pendukung untuk memperhatikan beberapa hal detail tertentu, serta dengan kemampuannya dapat mengemukakan fakta-fakta yang luput dari perhatian kita.
  • Ungkapkan perasaan Anda. Menyatakan perasaan bukanlah kelemahan.
  • Belajarlah mengelola emosi Anda. Jangan mudah marah.
  • Disarankan sepenuhnya menguji atau mengevaluasi dampak dari suatu keadaan sebelum mengambil suatu keputusan.
  • Belajarlah untuk menghargai dan mengapresiasi orang lain.
  • Jangan terlalu arogan dan menganggap remeh orang lain. Lihat sisi positifnya. Jangan hanya melihat benar dan salah saja.

Saran Profesi: Entrepreneur, Pengacara, Hakim, Konsultan, Pemimpin Organisasi, Business analyst, Bidang Finansial

Pasangan/Partner Alami: INTP atau ISTP

“Kamu merupakan pemimpin alami, walau nggak usah kursus leadership sekalipun,” kata Pak Hisyam. “Hanya saja pemimpin itu kadang dia bisa memanage orang lain, tapi sulit untuk memanage dirinya sendiri. Seperti halnya psikolog, dia bisa memahami dan memberi solusi bagi permasalahan orang lain, tapi belum tentu bisa memberi solusi bagi permasalahannya sendiri. Dan ini wajar” Sampai disini saya langsung JLEBB! Soalnya baruu aja kemaren saya rasan-rasan (apa Bahasa Indonesianya rasan-rasan? :D ), saya bisa ‘membaca’ orang lain, tapi kok rasanya sulit ya untuk membaca diri sendiri?

“Cenderung kurang sabar terhadap situasi yang kurang efisien…….” Haha…. bener nih. Orang ENTJ cenderung mengerjakan sesuatu dengan cepat dan mencari cara yang efisien. Mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat (dan seringkali orang memandang kami terburu-buru).

Cukup lama juga kami di stand tersebut dengan suasana fun. Apalagi ada ririn yang sesekali ngomong “tuh dengerin tuh! wkwkwk”  Setelah saya yang dianalisa giliran Ririn yang dianalisa. Haha….ada kesempatan gantian ngeledekin “Bener banget pak, saya korbannya…! tuh dengerin!, hahaha” Dia bertipe ESFP. Meski rasanya saya sama dia buedaa banget bagaikan langit dan bumi karakternya, tapi toh kita bisa jadi sahabat dekat. Ada irisan kesamaannya juga. Panjang saran yang diberikan kepada saya.

Hari itu, saya dapat sesuatu.

Posted by Heni Murhanayanti on 24 May 2013
Categories:
Kehidupan | Tags: , , , | 4 comments

Comment untuk tulisan ini.. (4)

  1. Heya i am for the primary time here. I found this board and I to find It really helpful &
    it helped me out much. I hope to give one thing back and aid
    others such as you helped me.

  2. I blog quite often and I really thank you for your information.
    This great article has really peaked my interest. I’m going to book mark your blog and keep checking for new details about
    once a week. I opted in for your RSS feed as well.

  3. Great post. I was checking constantly this blog and I am impressed! Extremely helpful information specifically the last part :) I care for such information a lot. I was looking for this particular information for a long time. Thank you and good luck.

  4. Makash , bagus bgt artikelnya .
    Aku juga ENTJ .

Tinggalkan Jejak Anda...

Bagian yang berbintang musti diisi *