Kursus Online Google (PowerSearchingWithGoogle)

Saya sudah lulus kursus onlinenya google :D

Congratulations! Here is the certificate you earned through your participation in Power Searching with Google. Below are your assessment scores.

Mid-class assessment score:  90% Post-class assessment score:  100%

You can print out the attached certificate and hang it on your wall.  We hope you enjoyed the class!

Cheers, Power Searching with Google course staff

Di bulan juli ini Google mengadakan kursus online yang bertajuk Power searching with google, alamatnya ada di www.powersearchingwithgoogle.com Kursus ini diselenggarakan dengan tujuan agar kita bisa lebih mengenal seluk beluk pencarian dengan google sehingga kita bisa menjadi pencari informasi yang hebat :D

Kursus ini diselenggarakan dari tanggal 10 juli 2012 dan berakhir 19 juli 2012. Saya sendiri tahu infonya pas tanggal 10nya, langsung deh ndaftar dan ikut kelasnya. Untung belum telat…hehe…

Materi kelas Power Searching With Google ini dipandu oleh Daniel Russell, beliau adalah Senior Research Scientist di Google, Inc. Kursus selama 2 minggu ini terdiri dari 6 kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 6 pelajaran. Kelas 1-3 ada di minggu pertama setelah itu ada mid class assessment. Di minggu kedua dilanjutkan ke kelas 4-6. Setelah semua materi selesai baru kita ikut post class assessment atau ujian akhir.

Pengalaman saya setelah mengikuti kelas adalah WOW! Saya jadi lebih mengenal berbagai macam pencarian dengan google. Saya tulis sedikit catatan kelas saya:

Kelas 1 adalah Introduction. Basic banget, di kelas ini kita belajar tentangcolor filtering; bagaimana cara google bekerja mengindeks halaman (salah satunya adalah bahwa halaman itu memuat nama yang dicari, dan banyaknya link ke halaman lain); seni memilih kata kunci; word order matters; dan cara menemukan text di web (pake Ctrl F).

Kelas 2 adalah Interpreting Result. Di kelas ini kita diajari menggunakan panel-panel di sisi kiri dan kanan google; Memahami option untuk berbagai media, apakah kita mau mencari dalam web, gambar, maps, video, blog, buku, dll; dan Membaca SERP (Search Engine Result Page).

Kelas 3 adalah Advance Technique, teknik tingkat tinggi yang berfokus pada operator. Di kelas ini kita belajar tentang

  • web organization, misalnya kita mau mencari tesla oil dari webnya stanford, kita tinggal ketik aja tesla oil site:standford.edu tanpa spasi. Atau kalau mau mencari dari web tertentu tinggal ketik alamat web yg dimaksud site:.gov;
  • filetype, misal mau mencari file dengan tipe pdf, langsung aja ketik filetype:pdf (tanpa spasi);
  • removing invasive result misal mau mencari kata salsa tanpa ada kata dancing maka ditulis salsa -dancing (ada tanda -);
  • or and qoutes, mencari 2 kata dalam satu pencarian pakainya “fish pedicure” OR “fish spa”;
  • dan intext and advanced search, adalah penggunaan advanced search di pojok kanan atas google.

Setelah kelas 3 selesai ada Mid-class assessment. Di mid ini kita bisa cek jawaban kita udah betul belum dan skor sementara yang kita peroleh. kalau ada soal yang salah google akan memberi tahu pelajaran mana yang kita belum paham. Seperti ini:

You received 74%

Here are lessons you could review to improve your score: 2.4 2.5 3.1

Press Submit below to save your scores or Return to study the recomended lessons. You can also edit your answers above before clicking Submit.

Class 4 – Find facts faster [  July 17 ]
Class 5 – Checking your facts [  July 18 ]
Class 6 – Putting it all together [ July 19 ]

Post-class assessment

 (to be continued)

Posted by Heni Murhanayanti on 31 July 2012
Categories:
Web Internet Social Media | Leave a comment

Tinggalkan Jejak Anda...

Bagian yang berbintang musti diisi *