Zeigarnik Effect,….. Langkah Kecil dan Rasa Penasaran

Zeigarnik Effek berhubungan dengan Proses pencapaian tujuan. Teori  ini ditemukan oleh Bluma Zeigarnik, seorang psikolog Rusia. Ceritanya begini: Suatu hari dia pergi ke sebuah restoran di Vienna. Dia mengamati kalau pelayan di restoran itu hanya mengingat pesanan yang sedang dalam proses dan belum disajikan. Tetapi kalau pesanan sudah lengkap, sudah selesai dia akan langsung melupakan pesanan tersebut. Intinya adalah tugas yang belum selesai akan lebih diingat daripada tugas yang sudah diselesaikan (ya iyalaahh :P )

Contoh lainnya adalah kita akan selalu merasa penasaran pada acara televisi yang di akhir acara ada tulisan bersambung… Atau acara TV yang diinterupsi iklan. Penasaran mau tahu seperti apa endingnya. Teknik ini juga sering digunakan para penulis novel untuk membangkitkan rasa penasaran pembacanya. Orang akan selalu penasaran, seperti apa jadinya. What’s Next?

Teori Zeigarnik Effek ini menyatakan bahwa ada keinginan atau kebutuhan untuk menyelesaikan sesuatu/tugas yang sudah kita mulai. Zeigarnik Effect juga menerangkan mengapa pikiran akan merasa tidak nyaman dan selalu ingat untuk menyelesaikan rangkaian tindakan yang belum selesai.

Kita bisa memanfaatkan Zeigarnik Effek ini dalam mencapai tujuan. Ketika sudah menetapkan tujuan, seringkali orang bingung untuk memulai dari mana. Kebingungan ini bisa jadi karena memang tidak tahu atau karena mengejar kesempurnaan sehingga seringkali akhirnya orang tidak melakukan apa-apa atau menunda-nunda. Cara mengatasinya dengan Zeigarnik Effek adalah: ya langsung lakukan saja…..just do it. Ketika sudah separuh jalan, biasanya akan ketemu cara untuk menyelesaikan. Mulailah dengan satu langkah mudah atau ringan, lalu manfaatkan ‘rasa penasaran’ untuk membantu menyelesaikannya.

goals

Kalau diibaratkan tujuan kita adalah puncak gunung, dan padahal puncak gunungnya (apalagi jalannya) tidak kelihatan, cobalah untuk memecah menjadi puncak-puncak kecil yang terlihat. Pastikan setidaknya anda menuju arah yang benar. Jadi kalau mau ke Jakarta nggak kelihatan tempatnya (apalagi jalannya) pastikan anda berjalan ke barat, jangan malah ke timur. Mulailah dengan target menuju Kulonprogo, lalu Purworejo dan lain sebagainya.

Jadi langkah pertama dalam pencapaian tujuan itu sangat penting. Seperti kata Lao Tze “Perjalanan ribuan mil dimulai dari satu langkah kecil”

***

Image captured from: Success Teaching Envision Your Goal, University of Adger

Posted by Heni Murhanayanti on 11 February 2015
Categories:
Kehidupan | Tags: , | 2 comments

Comment untuk tulisan ini.. (2)

  1. saya mengalami Zeigarnik effect, dan saya belum bisa mengatasinya,,, saya gak bisa melupakan seseorang di masa lalu kerna saya merasa masi penasaran tentang dirinya,,, sungguh hal ini sangat menyiksa diriku…

Tinggalkan Jejak Anda...

Bagian yang berbintang musti diisi *