Memahami Sistem Transportasi Publik di San Jose California

Mempelajari sistem transportasi publik di suatu kota adalah sesuatu yang menarik dan menantang. Mengasah otak untuk berpikir cepat dan mengambil keputusan. Dengan memahami transportasi publik kita bisa mempunyai banyak pilihan, yang bisa jadi lebih murah.

Akhir 2019 saya kembali berangkat ke Amerika. Kali ini ke Kota San Jose, California untuk mengikuti Connect Live 2019. Saya dan beberapa teman dari Indonesia tiba di San Jose sehari sebelum acara. Karena welcome reception dimulai pada keesokan harinya jam 15.00, maka saya punya banyak waktu di pagi harinya. Pagi itu saya dan Nunu berencana pergi ke Stanford University. Stanford adalah salah satu universitas terbaik dunia dan berada di Palo Alto, sekitar 23 mil atau 37 km dari San Jose.

Sambil breakfast di San Jose Marriott, kami merencanakan perjalanan. Google Maps tetap menjadi andalan kami. Dia bisa memberi saran sarana transportasi apa yang digunakan. Alih-alih menggunakan uber, kami menggunakan transportasi publik yang ada disana.

Kami memutuskan untuk menggunakan kombinasi berbagai mode transportasi yaitu Light Rail dan Bus lalu pulangnya pakai Caltrain. Setelah sepakat kami berjalan menuju Convention Station yang hanya berjarak 200 meter dari hotel. Untuk bisa mengakses transportasi disini kita harus membeli kartu yang bernama Clipper Card.

Clipper Card

Clipper card adalah kartu isi ulang yang digunakan untuk pembayaran berbagai transportasi publik, bukan hanya di San Jose, tapi juga di Bay Area (termasuk San Francisco dan Santa Clara). Clipper card bisa digunakan sebagai alat pembayaran Bart, Muni, Caltrain, San Francisco Bay Ferry, VTA dan lain sebagainya. Info lebih lengkap bisa dibaca disini.

Saya membeli clipper card di mesin tiket di Convention Station sekaligus mengisi saldonya. Harga clipper card US$ 3 dan saldo minimal yang bisa diisi adalah US$2,5. Cara mengisinya mudah, bisa diisi menggunakan credit/debit card, uang kertas atau koin. Kalau uang kita besar, mesin akan menyediakan kembaliannya.

Light Rail

Light rail ini sejenis LRT. Beruntungnya kita karena San Jose Mariott lokasinya dekat dengan Convention Station, sebuah stasiun light rail. Mungkin hanya sekitar 3 menit jalan kaki.

Light Rail di San Jose, California

Untuk membayar caranya tap clipper card di mesin yang biasanya tersedia di stasiun. Tap nya cukup 1x ya gaes, sebelum berangkat aja. Tag sampai terdengar suara beep dan terlihat warna hijau. Mesin nantinya akan membaca saldo di kartu dan sekaligus tanggal expired kartunya. Kalau saldonya kurang, saat ditap kartu akan berbunyi beep 2x lalu lampu akan menyala berwarna hijau dan kuning. Kalau saldonya tidak mencukupi kartu akan berbunyi 3x dan menyala berwarna merah, yang artinya pembayaran dengan menggunakan clipper card tidak bisa dilakukan.

Sebelum naik light rail ada baiknya mempelajari rutenya terlebih dahulu. Di setiap stasiun terdapat peta, tetapi alangkah lebih baik kalau kita sudah paham rutenya sebelum pergi ke stasiun.

Peta Rute Light Rain di San Jose California
Image from: https://www.vta.org

Bus

Sama seperti Light rail, kita cukup tap 1x saja sebelum berangkat. Kalau bis tapnya bukan di halte tapi di dalam bis. Caranya naik bis lewat pintu depan, lalu tap kartunya di dekat pintu. Setelah itu tinggal pilih tempat duduk dan menikmati perjalanan.

Perhatikan juga posisi halte bus. Misal halte Jackson itu ada 2 satunya menuju Palo Alto dan satunya menuju Alum Rock. Lokasi kedua halte tersebut berseberangan. Kita kemaren sempat salah naik bus, yang harusnya ke arah Palo Alto malah menuju Alum Rock. Untuung aja beberapa saat setelah naik saya buka Google Maps offline, jadi belum terlalu jauh nyasarnya. Nah ini juga tips dari saya, agar selalu mendownload Google Maps offline jika mengunjungi suatu kota.

Biasanya di setiap moda transportasi ada priority seat, yaitu kursi yang diperuntukkan untuk penyandang disabilitas, manula, atau orang hamil. Pastikan kamu tidak menduduki kursi itu, kecuali memang termasuk golongan yang membutuhkan.

Perjalanan menggunakan bus cukup menyenangkan, walau kadang jalannya bergelombang yang bikin kita jadi terguncang-guncang. Tarif bis ini paling murah dibandingkan moda transpotasi lainnya. Hanya saja waktu tempuhnya lebih lama. Dari San Jose ke Stanford kami membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Oya bis disini ada free wifinya, amanlah untuk urusan koneksi data.

Caltrain

Caltrain ini adalah kereta untuk transportasi antar kota. Terbagi ke beberapa zona, mulai zona 1 di San Francisco sampai Zona 5 di San Jose. Berbeda dengan bus dan light rail, pembayaran di Caltrain dilaukan dengan tap on kartu sebelum berangkat dan tap off kartu setelah sampai di stasiun tujuan.

Caltrain ini badannya besar dan cepat sampai. Sungguh nyaman bepergian jarak jauh menggunakan caltrain. Saya sempat memvideokan saat-saat kedatangan caltrain di stanford station.

Caltrain

Informasi lengkap rute dan jam caltrain bisa dibaca di http://www.caltrain.com. Kami naik caltrain dari Stanford ke San Jose Diridon. San Jose Diridon ini adalah stasiun besar di San Jose dimana berbagai jenis transportasi seperti Caltrain, Amtrak, Light Rail ada disini. Dari stasiun ini kami melanjutkan perjalanan ke Convention Station menggunakan Light Rail.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.